Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Koarmada III Gelar Latihan Pencarian Dan Penyelamatan Di Laut

REALITANEWS.OR.ID, SORONG PAPUA BARAT || Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, M. Han yang diwakili Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara IH, S.E., M.Si, M.Tr (Han) membuka Briefing Peserta Latihan Pencarian dan Penyelamatan/ Search and Rescue (SAR) Koarmada III TA. 2023 di Gedung Serbaguna Mas Pardi Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat Daya, adapun Tema Latihan, adalah “Koarmada III melaksanakan Latihan Pencarian dan Penyelamatan di Laut TA 2023 di Perairan Sorong, dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut”.Jumat (03/03/23).

Dikatakan Pangkoarmada III dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Staf Koarmada III, bahwa sesuai amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004, TNI mempunyai tugas pokok melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), dimana salah satunya adalah membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (Search and Rescue).

BACA JUGA :   Jalin Silaturahmi Danpasmar 3 Laksanakan Courtesy Call Koarmada III

Untuk itu TNI Angkatan Laut sebagai bagian integral TNI mempunyai peran besar dalam penyelenggaraan Search and Rescue di laut, dimana TNI Angkatan Laut dalam kegiatan membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan, selalu berkerjasama dan berkoordinasi dengan Basarnas dan potensi SAR lainnya, ungkap Pangkoarmada III.

Lebih jauh Pangkoarmada III menyampaikan, Latihan Pencarian dan Penyelamatan / Search and Rescue (SAR) Koarmada III TA.2023 yang diselenggarakan kali ini merupakan implementasi dari kebijakan pembinaan kemampuan TNI Angkatan Laut bagi personel, unsur-unsur KRI, KAL, maupun Sea Rider sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan prajurit pengawak SSAT/Sistem Senjata Armada Terpadu.

BACA JUGA :   Danrem Wijayakusuma : Lakukan Safety Riding dan Hindari Perbuatan Tercela

Selain itu Pangkormada III menjelaskan tujuan latihan tersebut, adalah untuk meningkatkan kemampuan, kesiapsiagaan operasional unsur-unsur Koarmada III dan keterpaduan antar instansi terkait, serta menguji doktrin dalam pelaksanaan Operasi Pencarian dan Penyelamatan / Search and Rescue (SAR) di laut.

Adapun pelaksanaan Latihan tersebut dilaksanakan melibatkan Prajurit dan unsur-unsur KRI,KAL dan Pesawat Udara dari Koarmada III dan Lantamal XIV Sorong serta didukung oleh BPBD Kabupaten Sorong, BMKG Sorong, Kantor SAR Sorong, KSOP Kelas 1 Kota dan Polairud Sorong, sedangkan manuver lapangan dilaksanakan di Perairan Selat Sele dan Dermaga Koarmada III Katapop Kabupaten Sorong.
Hadir pula pada kegiatan tersebut, yaitu Kapoksahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Alex Syahril S.E. dan Pejabat Utama Koarmada III serta Pejabat Utama Lantamal XIV Sorong serta Pejabat Instansi terkait.(*)

BACA JUGA :   Kapolda Kepri Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-77 Tahun 2022

 

Galih RM

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !

Tinggalkan Balasan

criptRootC1396463">