Banner IDwebhost
Banner IDwebhost
DAERAH  

Peserta Kemah Bakti Pemuda Kunjungi Pengrajin Rotan Produk Cukanggalih Kualitas Terbaik Anak Bangsa

REALITANEWS.OR.ID, TANGERANG || Peserta Kemah Bakti Pemuda melakukan kunjungan ke Pengrajin Rotan di Jl Raya Pengrajinan Kp Cukanggalih RT 06 RW 08 Desa Cukanggalih Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang. Kamis , 27/10/2022.

Para rombongan Peserta Kemah Bakti Pemuda diajari cara membuat berbagai macam kerajinan dari bahan Rotan oleh pemilik usaha rotan ( Suparta ) dengan didampingi oleh Ketua Karang Taruna Cukanggalih ( Suherman) , Ketua UKKT Buana Cukanggalih ( M. Basri ) beserta jajarannya.

Muhammad Basri Ketua UKKT Buana Galih mengatakan dari tahun 1950 Pengrajin Anyaman Rotan di Desa Cukanggalih Sudah ada dan hingga sekarang , sekarang pun di perdayakan Oleh temen – temen Karang Taruna , Ucapnya.

BACA JUGA :   Komando Barisan Terate Soloraya Gelar Silaturahmi Bersama Warga PSHT

Bukan hanya itu kita pun agar bisa menjaga melestarikan budaya Pengrajin Anyaman Rotan untuk kembali di tonjolkan di wilayah Cukanggalih .”

Ujar Basri , Tujuan saya agar para pemuda tidak malu untuk menjaga Icon Desa kita yaitu Anyaman Rotan yang sebenarnya bisa membantu mendongkrak Perekonomian di wilayah Desa Cukanggalih sebagai Pengrajin Anyaman Rotan.

Alhamdulillah kita pun dalam segi pemasaran sudah ada di Media Online atau Aplikasi Tokopedia , Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya.

Saya berterima kasih kepada Camat Curug, PKK Kecamatan Curug dan Ketua Karang Taruna Desa Cukanggalih Serta Warga Cukanggalih yang sudah membantu memberikan dukungan baik Moral maupun Material untuk Pengrajin Anyaman Rotan Bangkit lagi dengan konsep yang luar biasa ke depannya, Tandasnya.

BACA JUGA :   Musrenbang Rencana Kerja Perangkat Daerah RPKD Tahun 2024

Adapun hasil kerajinan dari rotan yaitu tempat sampah, tempat telor, Bokpail, Bok tisu, tudung saji, kursi, baki, tempat Parcel, Tas piknik, Topi, Keranjang laundri, Pas Bunga dan jenis hewan tergantung pesanan.

Suherman atau sapaan tenar Boy menjelaskan saya berharap kedepannya Pengrajin Anyaman Rotan ada generasi penerus yang bisa melestarikan dan menjaganya sehingga Icon Pengrajin tidak Hilang di makan zaman , Ungkapnya.

Adapun bahan rotan didapatkan dari Suplaiyer rotan yang ada di Wilayah Curug. Hingga sekarang ada 10 pelaku pengrajin Rotan dan kalau hari Sabtu Minggu khusus untuk para pemuda melakukan pelatihan.

BACA JUGA :   Rangkaian Ngunduh Mantu Jokowi Aman dan Lancar, Irjen Luthfi Bangga Kinerja Personil Polri Di Lapangan

Boy juga berharap ini bisa di lihat dan di pamerkan di kancah nasional oleh instansi pemerintah untuk mencerdaskan Pemuda dengan ” Cintailah Produk Cukanggalih, Anyaman Rotan dengan Kualitas Terbaik Anak Bangsa” . Tambah Ketua Karang Taruna Desa Cukanggalih.

Galih RM

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !

Tinggalkan Balasan

criptRootC1396463">